Lokakarya Mediasi dan Resolusi Konflik

(FKUB Jakarta) PUSAD Paramadina menyelenggarakan lokakarya “Mediasi dan Resolusi Konflik Keagamaan” dengan melibatkan pengurus Forum Kerukunan Umat Beragama yang ada di wilayah Jakarta, Tangerang Selatan dan Kab. Gunung Kidul bertempat di Villa Renata – Cipanas, selama empat hari dari tanggal 24 sampai dengan 27 Juli 2017.

Kegiatan ini bertujuan untuk berbagi pengalaman memediasi konflik, meningkatkan kemampuan dalam mediasi serta resolusi konflik, dan melembagakan mediasi dan resolusi konflik di FKUB

PUSAD Paramadina menemukan salah satu masalah krusial dihadapi FKUB dalam menjalankan fungsinya yaitu kemampuan memediasi konflik. Oleh sebab itu, PUSAD Paramadina mengadakan pelatihan mediasi konflik keagamaan bagi anggota FKUB.

Kegiatan lokakarya ini diselengara oleh PUSAD Paramadina bekerjasama dengan FKUB Provinsi DKI Jakarta, dan Magister Perdamaian dan Resolusi Konflik Universitas Gadjah Mada (MPRK) Jogjakarta, diikuti oleh utusan dari FKUB Provinsi DKI Jakarta empat orang, utusan FKUB Wilayah Jakarta Utara enam orang, FKUB Kota Tangerang Selatan enam orang dan FKUB Kab. Gunung Kidul- Yogyakarta sebanyak enam orang.

Lokakarya yang berlangsung selama Empat hari itu diisi dengan materi-materi : Pertama, Agama dan Bina Damai, Kedua, Peluang dan Tantangan Resolusi Konflik, Ketiga, Pelembagaan Mediasi Konflik Keagamaan, Keempat, Komunikasi efektif, Kelima, Praktik Mediasi dan Resolusi Konflik, Keenam, Mediasi dan Resolusi Konflik: Pengalaman FKUB Provinsi DKI Jakarta dan Ketujuh, Rencana Tindak Lanjut.

Sebagai narasumber antara lain: Ihsan Ali Fauzi – Direktur PUSAD Paramadina, KH. Ahmad Syafii Mufid – Ketua FKUB Provinsi DKI Jakarta, Rizal Pangabean dan Titik Firawati dari Universitas Gadjah Mada.(budi/fkub)