Home > Berita dan Kegiatan > Peringati Harlah Ke-13, FKUB DKI Jakarta Gelar Do’a Bersama Lintas Agama
Berita dan KegiatanUtama

Peringati Harlah Ke-13, FKUB DKI Jakarta Gelar Do’a Bersama Lintas Agama

Ketua FKUB DKI Jakarta-Prof. Dr. KH. Dede Rosyada menerima potongan nasi tumpeng dari Kepala Kesbangpol DKI Jakarta- H. taufan Bakri

(FKUB Jakarta)  Forum Kerukunan Umat Beragama (FKUB) Provinsi DKI Jakarta rayakan hari jadinya yang ke-13 dengan menggelar  do’a bersama lintas agama, Kamis (09/07), di Gedung Graha Mental Spiritual Jl. Awaludin 2, Kebon Melati, Tanah Abang, Jakarta Pusat.

Dalam sambutannya, Ketua FKUB DKI Jakarta Prof. Dede Rosyada mengatakan bahwa diadakannya do’a bersama tersebut dalam peringatan Harlah Ke-13 FKUB DKI Jakarta setelah melihat situasi dan kondisi nasional akhir-akhir ini, seperti penolakan terhadap Rancangan Undang-Undang Haluan Ideologi Negara atau RUU HIP.

“Setelah melihat situasi nasional khususnya di DKI Jakarta belakangan ini, virus covid-19 yang belum juga reda, dan yang terbaru polemik RUU HIP, kami rasa pada perayaan harlah ke-13 ini perlu diadakan do’a bersama untuk keselamatan bangsa. Semoga DKI Jakarta menjadi maju kotanya, bahagia warganya, dan ‘sejahtera masyarakatnya’ jika boleh saya tambahkan” ujarnya.

Prof. Dede juga memaknai usia FKUB DKI Jakarta yang ke-13 ini merupakan usia remaja yang masih suka mencari perhatian, “Kami ini sedang berusaha mencari perhatian, maka dari itu hari ini pun kita sudah bisa melaksanakan ulang tahun, dimana ketika semua majelis agama/institusi keagamaan belum punya anggaran, kan gitu hehe” seloroh Mantan Rektor UIN Jakarta tersebut dan disambut tepuk tangan dari para tamu undangan.

Sementara itu, Kepala Badan Kesbangpol DKI Jakarta Drs. Taufan Bakri, M.Si dalam sambutannya memberikan selamat atas hari lahirnya FKUB DKI Jakarta dan megajak kepada tokoh-tokoh agama di FKUB Provinsi dan Kota untuk sama-sama berjuang mewujudkan kerukunan bersama pemerintah.
“Di ulang tahun ke-13 ini, saya ucapkan selamat. Kita tidak berjuang sendiri, melainkan bersama-sama semuanya. Ayo kita perkuat diri kita” pungkasnya.

Kepala Kesbangpol Provinsi DKI Jakarta – H. Taufan Bakrie memberikan sambutan pada acara Harlah FKUB Jakarta Ke-13

Setelah sanbutan dari Kepala Kesbangpol DKI Jakarta dilanjutkan dengan sambutan Drs. H. Taufiqurrahman Azhar -Sekretaris FKUB DKI Jakarta periode 2014-2019. Dalam sambutannya, Taufik menceritakan bahwa FKUB DKI Jakarta didirikan pada 6 Juli 2007 dengan diprakarsai oleh Badan Kesbangpol DKI Jakarta dan melibatkan majelis-majelis agama pada waktu itu.

“Yang mengambil prakarsa terbentuknya FKUB di DKI Jakarta adalah Kesbangpol dengan melibatkan majelis-majelis agama pada waktu itu. Tugasnya membuka hubungan lintas agama melalui silaturahmi dan dialog lintas agaman secara berkala” ungkapnya

Taufik berpendapat bahwa hubungan lintas agama tersebut terus terjalin dengan baik hingga saat ini. “Bahkan pada tahun 2019 sebelum Covid-19, kami ini ada satu tradisi yang baik, melakukan buka (puasa) bersama yang diadakan majelis agama, kan gitu. Sehingga yang namanya Katolik, Kristen, Hindu, Budha, Konghuchu tahu umat islam itu berpuasa. Maka pada waktu maghrib, (mereka) menyediakan makanan. Bahkan tidak segan-segan Gereja Katedral itu memberikan sajadah untuk sholat. Itulah kebersamaan kita yang betul-betul dirasakan sudah sampai sejauh itu”.

Masih menurutnya, FKUB DKI Jakarta memiliki visi terwujudnya masyarakat yang rukun dan damai dengan kebebasan menjalankan ibadah di DKI Jakarta, maka FKUB harus terus mensisalisasikan tugas dan fungsi FKUB kepada masyarakat pentingnya sebuah kerukunan. “Sebab banyak masalah-masalah sering mengklaim itulah agama kami, yang lain tidak boleh menganggu. Seperti orang Madura waktu ke Canada, Toronto itu orang-orang Madura pak. Kenapa ? asalnya ‘ronto-ronto’, kan gitu” selorohnya disambut tawa oleh para tamu yang hadir.

Terakhir, Taufik menyinggung program unggulan FKUB DKI Jakarta yaitu Sekolah Agama-Agama dan Bina Damai (SABDA). Menurut Taufik, SABDA perlu diterapkan kepada para remaja, pemuda, dan masyarakat sehingga mereka betul-betul memahami pentingnya kerukunan umat beragama.

Kegiatan yang dipandu sekretaris FKUB DKI Jakarta H. Abi Ichwanudin, M.Si tersebut, dilanjutkan dengan do’a bersama dari semua agama dan pemotongan nasi tumpeng oleh Kepala Kesbangpol DKI Jakarta, acara Doa Lintas agama dan Tasyakuran FKUB Jakarta Ke-13 ditutup dengan ramah tamah.

Hadir pada kegiatan Doa Lintas agama dan Tasyakuran FKUB Provinsi DKI Jakarta Ke-13,antara lain: Dir.Intelkan Polda Metro Jaya -Kombes Pol. Hirbak Wahyu Setiawan, Kasubdit Bintibsos -Binmas Polda Metro Jaya diwakili oleh AKBP Jajang hasan Basri, perwakilan dari Kejaksaan Tinggi DKI Jakarta, perwakilan dari Kodam Jaya, Kasubag Hukum dan Ortala Kanwil Kemenag DKI Jakarta, FKUB Wilayah Kota dan Kabupaten serta pimpinan dan anggota FKUB Provinsi DKI Jakarta.(fkub/Dn)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *