Home > Berita dan Kegiatan > FKUB DKI Jakarta Menghadiri HUT 180 Gereja Immanuel Jakarta
Berita dan KegiatanKristen Protestan

FKUB DKI Jakarta Menghadiri HUT 180 Gereja Immanuel Jakarta

 

(FKUB JAKARTA) Pengurus Forum Kerukunan Umat Beragama Provinsi DKI Jakarta (FKUB) menghadiri peringatan 180 tahun berdirinya Gereja Immanuel Jakarta yang beralamat di Jl. Medan Merdeka Tim. No.10, RT.1/RW.2, Gambir, Kecamatan Gambir, Kota Jakarta Pusat, Daerah Khusus Ibukota Jakarta, (24/8/2019).

Gereja Immanuel Jakarta mulai dibangun pada tahun 1834 dan selesai pada 24 Agustus 1839, peresmian bangunan gereja tersebut sebagai penghormatan kepada Raja Willem I Raja Belanda pada periode 1813-1940 dan gereja tersebut diberinama “Willemskerk”, akan tetapi pada tahun 1948 berubah nama menjadi “Gereja Immanuel” berdasakan Keputusan Intituering Gereja Protestan di Indonesia Bagian Barat.

Gereja Immanuel Jakarta telah ditetapkan sebagai bangunan cagar budaya berdasarkan Keputusan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan tertanggal, 27 Februari 1958n dan Keputusan Gubernur DKI Jakarta tertanggal 10 Januari 1972.

Dalam Perayaan HUT ke 180 Gereja Immanuel Jakarta kali ini mengusung tema “Jadikanlah hati kami seperti hatiMu ya Tuhan, kini dan sepanjang masa” (Mazmur 16:2)

Pengurus FKUB Provinsi DKI Jakarta yang hadir dalam HUT ke 180 Gereja Immanuel Jakarta antara lain: H. Ahmad Astamar perwakilan MUI DKI Jakarta, Romo Antonius Suyadi perwakilan Keuskupan Agung Jakarta, Pr, Pdt. Liem Wira Wijaya perwakilan WALUBI , Xs. Liem Liliany Lontoh perwakilan MATAKIN, I Gede Suparta perwakilan PHDI, dan Pdt. DR. RB. Rory dari PGIW Provinsi DKI Jakarta.(fkub/budi)