Home > Berita dan Kegiatan > Matakin Gelar Kirab Budaya Dan Ruwat Bumi
Berita dan KegiatanKonghucu

Matakin Gelar Kirab Budaya Dan Ruwat Bumi

(FKUB-Jakarta)Pagelaran kirab dan ritual budaya diselenggarakan oleh Matakin bekerjasama dengan Taman Mini Indonesia Indah berlangsung semarak,dan diguyur hujan lebat.

Menurut ketua panitia, Js. Liliany Lontoh kegiatan ini merupakan peringatan Hari lahir Nabi Khong Zi ke 2567, yang bertujuan mensyukuri berkat dan rahmat TIAN atas bimbingan yang telah TIAN berikan pada kita.

Kegiatan kirab budaya dan ruwat bumi dilaksanakan di Taman Mini Indonesia Indah (9/10/2016) mengambil tema”Kebajikan Tidak Terpencil – Pasti Mendapat Persaudaraan” diikiuti oleh puluhan Klenteng, Syarikat Islam, Keuskupan Agung Jakarta,  Parisadha Hindu Dharma, Parisada Buddha Dharma , FKUB Provinsi DKI Jakarta dan Alumni Sekolah Agama Agama dan Bina Damai(SABDA).

H.Ahmad Astamar selaku ketua rombongan Syarikat Islam memuji kegiatan kirab budaya dan ruwat bumi.

 “Acara kirab ini sangat baik dan kita patut menghargai hal-hal yang positif buat masyarakat Indonesia yang hetrogen”.

Kami berharap, pada tahun-tahun yang akan datang majelis-majelis lintas agama yang lainnya bisa dapat berpartisipasi memeriahkan acara kirab budaya dan ruwat bumi ini sebagai wujud kebersamaan dan kerukunan antar umat beragama, imbuhnya

H. Astamar juga menyampaikan pesan untuk majelis Matakin, “Walau sedikit, kecil dalam jumlah, tapi jadilah Bunga Melati atau Garam, bravo buat Matakin, tandasnya.

Pada kesempatan itu, Parisadha Buddha Dharma berpartisipasi mengirimkan group Marching Band, majelis PHDI mengirimkan group tari, Keuskupan Agung Jakarta dan PGIW mengirimkan perwakilannya untuk mengikuti kirab budaya.

2

Kirab budaya dan ruwat bumi berlangsung dengan meriah, walaupun diguyur hujan lebat, tetapi para peserta kirab tetap semangat sampai acara tersebut selesai.

“Turunnya hujan lebat merupakan suatu hal yang sangat dinantikan dan di syukuri. Karena hujan melambangkan berkat yang besar dari sang Dewa”, begitu menurut salah satu pengurus Matakin.

Nampak hadir juga, ibu Hj, Shinta Nur Wahid, Ketua FKUB Provinsi DKI Jakarta beserta anggota, Walikota Jakarta Timur, Direktur Taman Mini Indonesia Indah beserta jajaraannya.(fkub/budi)