Home > Berita dan Kegiatan > PGI Peduli Masyarakat Ekonomi Lemah
Berita dan KegiatanKristen Protestan

PGI Peduli Masyarakat Ekonomi Lemah

Pendemi Covid-19 masih terus mewabah dan belum menunjukan grafik punurunan sehingga mempengaruhi aktivitas perekonomian masyarakat. Sudah pasti kelompok masyarakat yang akan sangat merasakan dampaknya adalah pekerja berpenghasilan tidak tetap atau penghasilan harian, seperti sopir ojol, bajaj, angkot, pedagang kali lima, pemulung, dan lainnya.

Sebagai wujud solidaritas kepada kelompok rentan dari kebijakan social/physical distancing oleh pemerintah, maka PGI melakukan aksi Diakonia 3M (Memberi Mereka Makan), berupa pembagian nasi kotak dan air mineral kepada supir ojol, bajaj, angkot, pedagang kaki lima, pemulung, dan lainnya, yang melintas di Jalan Dipenogoro, maupun di Jalan Salemba Raya, tepatnya di seputaran Gedung Grha Oikoumene, Jakarta, Senin (6/4). Aksi serupa rencananya masih akan dilanjutkan besok, Selasa (7/4).

Menurut SE Bid. Keadilan dan Perdamaian PGI, Henrek Lokra, program Diakonia 3M ini, adalah bentuk kampanye untuk mendorong elemen masyarakat dan terutama gereja, agar dapat keluar dari keterpurukan, dan bangkit bersama semua elemen bangsa saling bahu membahu dalam solidaritas sesama anak bangsa mengurangi beban perekonomian masyarakat di sekitar kita.

“Ini adalah momentum dimana keteladanan sebagai sesama manusia di bumi yang satu, rumah yang satu ini agar menunjukan bentuk solidaritas yang nyata. Wabah Covid-19 ini tidak mengenal siapa anda, apa latar belakang sosial anda, apa agama anda, ini adalah bencana kemanusiaan, dan semua orang terpanggil untuk melakukan tanggung jawab kemanusiaan di dalam bumi yang satu pemberian Allah ini,” jelasnya.

Henrek Lokra menambahkan, aksi yang juga berkaitan dengan momentum Paska (Kebangkitan Kristus) ini, kiranya dapat digunakan oleh gereja-gereja untuk lebih menunjukan kepedulian bagi sesama. Bentuk kepedulian mana adalah hakikat kebangkitan Kristus yang sebenarnya, yakni menebus dan memberi keselamatan bagi seisi dunia.

“Hari ini kami membagian sedikit nasi dus dan air mineral, besok kami akan melanjutkan aksi ini dengan jumlah yang lebih banyak lagi. Terima kasih kepada semua pihak yang merespon dengan cepat untuk terlibat dalam gerakan kemanusiaan ini. Tuhan Yesus memberkati Indonesia,” tandasnya.

 

Sumber Berita: https://pgi.or.id/aksi-diakonia-3m-memberi-mereka-makan/

Leave a Reply

Your email address will not be published.