Home > Berita dan Kegiatan > FKUB Jakarta Melakukan Kunjungan Lapangan Ke Masjid Baitul Falaah
Berita dan KegiatanIslam

FKUB Jakarta Melakukan Kunjungan Lapangan Ke Masjid Baitul Falaah

(FKUB JAKARTA) Forum Kerukunan Umat Beragama Provinsi DKI Jakarta melakukan Kunjungan lapangan ke Masjid Jami Baitul Falaah, hari Senin, (09/09/2019).

Kunjungan ke Masjid Baitul Falaah yang beralamat di Jl. Warakas IV Gg.17 Rt/Rw.008/014, Kelurahan Warakas, Kecamatan Tanjung Priok, Kota Jakarta Utara, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 13460 dipimpin oleh KH. Ahmad Astamar selaku Wakil Ketua FKUB Provinsi DKI Jakarta.

Dalam sambutannya, KH. Astamar mengatakan, dalam pendirian rumah ibadat ada 3 persyaratan yang harus dipenuhi yaitu: persyaratan administrasi, persyaratan teknis dan pesyaratan khusus terkait 90/60 penguna dan pendukung.

Astamar menambahkan, kunjungan ini juga bertujuan melakukan penelitian ke lapangan serta mengumpulkan data dan informasi dari tokoh masyarakat, tokoh pemerintah setempat, serta tokoh keamanan terkait keberadaan Masjid Jami Baitul Falaah.

“Bahwa Keberadaan masjid Baitul Falaah, tidak menghambat kerukunan warga sekitar”imbuhnya.

Kunjungan lapangan ini  adalah bagian tugas pokok dan fungsi FKUB Provinsi DKI Jakarta dalam rangka memberikan rekomendasi tertulis pendirian rumah ibadat. Sesuai dengan PBM Nomor: 9/8 tahun 2006, Pergub Provinsi DKI Jakarta nomor: 83 thn 2012, tentang Prosedur Pemberian Persetujuan Pembangunan Rumah Ibadat, pasal (8).

Perlu kami informasikan bahwa di DKI Jakarta FKUB lebih banyak memberikan rekomendasi untuk gereja rumah ibadat Kristen dikarenakan banyak gereja yang mengajukan permohonan rekomendasi tertulis dalam rangka mendapatkan IMB.

Kami berharap dengan kunjungan ke masjid Baitul Falaah ini dapat menularkan kepada masjid masjid yang ada disekitar sini untuk dapat memproses persyaratan sesuai dengan ketentuan yang berlaku, pungkasnya.

 

Dalam kegiatan kunjungan lapangan ke masjid Baitul Falaah hadir pula Kepala Bidang Kesra Walikota Jakarta Utara, perwakilan kecamatan Tanjung Priok, Sekretaris Kelurahan Warakas, perwakilan RW.01, Ketua rt.008 dan pengurus masjid Jami Baitul falaah.

Pengurus FKUB Provinsi DKI Jakarta yang hadir: Drs. H. Abi Ichwanudin, H. Sulaiman rahimin- Koordinator bidang rekomendasi, H. Tri Gunawan Hadi, H. Qomarudin, romo Antonius Suyadi, Pr, Js. Liem Liliany Lontoh, Pdt. Frida Situmorang.(fkub/budi)