Home > Agama dan Keyakinan > Konghucu > PUSBIMDIK Kementerian Agama Memberikan Pengahargaan Kepada Pusat Bimbingan dan Pendidikan Khonghucu
KonghucuUtama

PUSBIMDIK Kementerian Agama Memberikan Pengahargaan Kepada Pusat Bimbingan dan Pendidikan Khonghucu

(FKUB Jakarta) Pusat Bimbingan dan Pendidikan (Pusbimdik) Khonghucu Kementerian Agama akan mengadakan Pemilihan Guru Agama Khonghucu Teladan, Penyuluh Khonghucu Teladan, Pemilihan Anhe Jiating Teladan, Perempuan Khonghucu Teladan, Pemuda Khonghucu Teladan, Sekolah / Perguruan Tinggi Teladan dan Penyelenggara Publik Khonghucu Teladan.

Pemberian penghargaan ini merupakan kali pertama yang diselenggarakan Kemenag. Kemenag akan memberi penghargaan karena merupakan salah satu bentuk komitmen Kemenag dalam memberikan apresiasi kepada para pemangku kepentingan yang turut menyukseskan pembangunan bidang agama dan pendidikan agama.

Guru Agama Khonghucu merupakan pendidik yang menjadi mitra Pemerintah dalam melaksanakan tugas pokoknya. Melalui peran Guru Agama Khonghucu diharapkan kualitas penghayatan dan pengamalan ajaran Agama Khonghucu pada peserta didik semakin meningkat. Bukan hanya meningkatkan aspek religiusitas pada peserta didik, namun juga meningkatkan aspek kesalehan sosial dan wawasan kebangsaan. Kegiatan pemilihan Guru Agama Khonghucu Teladan diharapkan dapat mendorong peningkatan komptensi dan pengembangan karir guruAgama Khonghucu sebagai agen perubahan sosial. Pemilihan ini dilakukan agar dapat mendorong dan memotivasi, dedikasi, loyalitas dan profesionalisme guru Agama Khonghucu akan berpengaruh pada kinerjanya. Program ini merupakan wujud nyata Pemerintah untuk memberikan perhatian.yang sungguh-sungguh dalam memberikan penghargaan dan meningkatkan karir guru Agama Khonghucu, terutama bagi mereka yang berprestasi. Peserta Guru Agama Khonghucu Teladan dapat mengajukan pendaftaran secara mandiri melalui email pusbimdik.khonghucu@kemenag.go.id dengan melampirkan dokumen persyaratan dengan judul Pemilihan Guru Agama Khonghucu Teladan 2020_Nama Peserta.

Penyuluh Agama Khonghucu selain melakukan tugas pokok kepenyuluhan juga membantu Pemerintah mensosialisasikan kebijakan-kebijakan negara terkait dengan agama kepada masyarakat. Melalui peran Penyuluh Agama Khonghucu diharapkan kualitas penghayatan dan pengamalan ajaran Agama Khonghucu akan semakin meningkat. Dengan demikian umat Khonghucu tidak saja menjadi umat yang agamis, patuh dan taat kepada Tuhannya melainkan juga menjadi warga negara yang tertib, patuh dan taat kepada ketentuan peraturan perundang-undangan. Tugas berat yang diemban oleh para penyuluh perlu di apresiasi dalam bentuk Pemilihan Penyuluh Agama Khonghucu Teladan. Peserta Penyuluh Agama Khonghucu Teladan dapat mengajukan pendaftaran secara mandiri melalui email pusbimdik.khonghucu@kemenag.go.id dengan melampirkan dokumen persyaratan dengan judul Pemilihan Penyuluh Agama Khonghucu Teladan 2020_Nama Peserta.

Keluarga merupakan unit terkecil yang menjadi bagian dari suatu bangsa. Keberadaan keluarga yang damai dan harmonis merupakan pilar utama dalam keberhasilan proses pembangunan nasional. Konsep keluarga yang damai dan harmonis secara spesifik diajarkan dalam Agama Khonghucu yang dikenal dengan istilah Anhe Jiating dimana konsep ini menekankan kepada seluruh keluarga Khonghucu untuk melahirkan generasi umat Khonghucu yang taat beragama, beakhlak mulia, berperilaku Junzi , berpengetahuan luas, berperilaku Cinta Kasih, menjunjung tinggi kebenaran, bertindak susila, bersikap bijaksana dan dapat dipercaya, cinta tanah air dan berwawasan kebangsaan. Untuk memotivasi dan mewujudkan keluarga Khonghucu yang damai dan harmonis dibutuhkan role model yang dapat dijadikan teladan bagi seluruh keluarga Khonghucu yang mencerminkan sikap diatas. Peserta Anhe Jiating Teladan dapat mengajukan pendaftaran secara mandiri melalui email pusbimdik.khonghucu@kemenag.go.id dengan melampirkan dokumen persyaratan dengan judul Pemilihan Anhe Jiating Teladan 2020_Nama Peserta.

Peran perempuan dalam sektor pembangunan bidang sosial, budaya, dan keagamaan menjadi faktor determinan yang tidak bisa diabaikan. Hasil riset menunjukkan peran aktif perempuan dalam pengembangan ekonomi dan sektor riil memiliki pengaruh yang sangat signifikan. Pembangunan nasional juga membutuhkan partisipasi seluruh elemen bangsa tidak terkecuali kaum perempuan. Oleh karena itu keterlibatan unsur perempuan dalam berbagai proses pembangunan nasional menjadi sebuah keniscayaan tidak terkecuali perempuan khonghucu. Peserta Perempuan Teladan dapat mengajukan pendaftaran secara mandiri melalui email pusbimdik.khonghucu@kemenag.go.id dengan melampirkan dokumen persyaratan dengan judul Pemilihan Perempuan Khonghucu Teladan 2020_Nama Peserta.

Pemuda merupakan elemen yang sangat penting dalam kemajuan sebuah bangsa. Untuk mewujudkan bangsa yang tangguh dan memiliki daya saing tinggi, peran serta generasi muda tidak bisa dihindari. Terlebih dalam sebuah bangsa yamg majemuk seperti Indonesia, baik dari unsur agama, suku, ras, budaya maupun golongan. Partisipasi aktif seluruh elemen pemuda sangat dibutuhkan tidak terkecuali dari kalangan Pemuda Khonghucu. Peran aktif pemuda Khonghucu Indonesia sangat strategis untuk menjawab hal tersebut. Agar senantiasa menjadi insan pembaharu yang selalu tanggap, penuh ketulusan dan aktif memberikan kontribusi positif pada setiap dinamika kehidupan bermasyarakat, berbangsa dan bernegara dibutuhkan pemuda Khonghucu yang aktif, dinamis, inovatif dan memiliki jiwa nasionalisme. Hal ini tentu membutuhkan keseriusan dari Pemuda Khonghucu Indonesia. Untuk itu Sekretariat Jenderal Kementerian Agama perlu memberikan penghargaan bagi pemuda Khonghucu Teladan. Peserta Pemuda Teladan dapat mengajukan pendaftaran secara mandiri melalui email pusbimdik.khonghucu@kemenag.go.id dengan melampirkan dokumen persyaratan dengan judul Pemilihan Pemuda Khonghucu Teladan 2020_Nama Peserta.

Untuk lebih jelasnya bisa membaca Petunjuk Pelaksanaannya, syarat dan ketentuan berlaku di https://kemenag.go.id/home/artikel/43428/. Penghargaan akan diberikan pada puncak Hari Amal Bhakti (HAB) Kementerian Agama Tahun 2021.(lilian)

 

Sumber Berita: http://maprov-dki.or.id/pusbimdik-kemenag-mengadakan-anugerah-pusat-bimbingan-dan-pendidikan-khonghucu/

Leave a Reply

Your email address will not be published.